Teknologi Terbaru

Google Goggles adalah sebuah aplikasi baru yang bisa digunakan di ponsel dengan sistem Android.

         Aplikasi Goggles ini bahkan bisa melakukan pencarian (Google Search) berdasarkan gambar dan bukan kata, misalnya saat itu anda sedang jalan-jalan ke San Fransisco dan melihat jembatan Golden Gate dimana pada saat itu anda lupa namanya, cukup dengan mengambil foto jembatan tersebut dan klik “cari”, maka Google Search akan secara otomatis mencari berdasarkan gambar atau foto yang ada. Dan kali ini Google juga telah mengembangkan teknologinya itu. Aplikasi Goggles tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi gambar atau foto sebuah gedung (landmark) tetapi juga mampu menerjemahkan bahasa Asing. Aplikasi ini bekerja dengan memakai teknologi mesin penerjemah milik Google serta kemampuan pengenal foto.
Jadi, jika saat itu pengguna menemukan teks berbahasa asing, ia tinggal membidikkan kamera ponsel ke teks tersebut. Hanya dalam hitungan detik, Google Goggles akan menerjemahkannya dari hasil jepretan tadi.
Prototipe ini mengkoneksikan kamera ponsel dengan optical character recognition (OCR) untuk menerjemahkan foto ke dalam teks terjemahan dalam 52 bahasa yang didukung Google Translate,” jelas Google. Namun sayangnya, untuk saat ini, aplikasi tersebut baru menyediakan terjemahan Jerman-Inggris.
So.. kita berharap saja semoga penerjemah bahasa Indonesia segera tersedia di aplikasi tersebut, jadinya akan makin memudahkan kita saat membaca buku-buku bahasa asing. Mereka untung, bangsa kita juga jadi makin pintar :D.
:: sumber : Azzam

Lift Terbesar, Angkut 80 Orang


lift-terbesar-di-dunia
Sebuah bangunan perkantoran baru segera dibuka di Osaka, Jepang. Kabarnya bangunan ini memiliki lift terbesar di Jepang.
Lift ini memiliki lebar dua belas kaki, panjang sembilan kaki, dengan luas sekitar 102 meter persegi, dan dapat memuat sekitar delapan puluh orang.
Menurut siaran pers, lift ini juga berfungsi sebagai angkutan penghubung antara salah satu departemen store dengan beberapa lantai kantor yang terletak masih dalam satu gedung itu. 

Mesin Cuci Ramah Lingkungan dan Nyaris Tanpa Air


ILMUWAN Inggris menciptakan mesin cuci hemat air, karena nyaris tidak menggunakan air dan membersihkan pakaian kotor dalam keadaan kering. Pengguna hanya tinggal melempar pakaian kedalam mesin, dimana terdapat butir-butir plastik kecil khusus, yaitu bahan polymer yang berfungsi sebagai pembersih kotoran.
Setelah cucian bersih, butir  polymer itu kemudian hanya tinggal dibersihkan dari cucian. Butir polymer ini dapat digunakan ratusan kali dan berdampak pada penghematan energi  listrik dan bahan detergent. seperti yang dilansir oleh Telegraph,  pengembang mesin cuci ini, Xeros yang berpusat di Catcliffe, dekat Rotherham menyebutkan, teknologi hijau yang mereka ciptakan mengurangi  jumlah footprint karbon dari kegiatan mencuci menggunakan mesin cuci konvensional. Yang lebih penting lagi, mesin cuci ini dapat menghemat miliaran liter air.
“Ambisi kami, selama teknologi ini memberikan keuntungan, kami rasa temuan ini menjadi platform teknologi baru untuk sebuah binatu,” kata Bill Westwater.
Westwater menambahkan bahwa sekarang adalah saatnya untuk menawarkan sesuatu yang ‘hijau’ bagi Bumi dengan sistem mesin cuci yang hemat air ini. Xeros berharap produknya akan segera dikomersilkan pada akhir tahun, dengan hotel, binatu, dan rumah-rumah panti menjadi target utama produk ini. 

Intel Ciptakan Prosesor dengan VGA Onboard


INTEL berencana menghadirkan seri ketiga dari prosesor tersebut. Masih dengan kode dan tipe yang sama, perbedaan prosesor tersebut dengan pendahulunya hanyalah di kecepatan clock. Sebelumnya, intel sudah mengedarkan dua model pertama dari generasi  prosesor  Core i3.  Berbasis core Clarkdale lengkap dengan VGA terintegrasi yang diproduksi dengan proses 32 nanometer.
Seperti diketahui, saat ini  Core i3 530 yang sudah beredar memiliki kecepatan 2,93GHz.  Adapun versi lebih kencang, Core i3 540, bekerja pada 3,06GHz. Keduanya tidak mendukung  Turbo overclocking,  memiliki cache sebesar 4MB, dukungan DDR3 1333MHz dan mengonsumsi daya rata-rata 73 watt.   Dua core pada prosesor-prosesor tersebut mendukung empat thread. Adapun untuk VGA, teknologi  Intel Clear Video yang tersedia menyediakan grafis dengan core berkecepatan 733MHz.
Seperti  kutip dari Fudzilla, Core i3 550, prosesor seri berikutnya dari jajaran Core i3 akan hadir di kuartal kedua. Memiliki kecepatan 3,2GHz, seluruh spesifikasi teknis lainnya tidak ada perbedaan.
Berhubung  prosesor Core i3 540 yang saat ini beredar diposisikan di atas  Core 2  Duo E7600 berbasis wolfdale lawas, maka di kuartal  kedua tersebut Core i 3 550 akan mengambil alih peran Core i3 540. Prosesor pendahulunya tersebut sendiri akan menggeser C2D E7600 dari roadmap prosesor ES2 Intel.
Meski demikian, jajaran Core 2 Duo akan tetap hadir di segmen bawah yang disebut Intel sebagai ES1. Se-tidaknya untuk pasar prosesor desktop di 2010 ini.

 

Gerakan Mata Bisa Operasikan Ponsel


PERANGKAT purwarupa hasil kreasi operator ponsel asal Jepang, menemukan teknologi terbaru penggunaan ponsel hanya dengan menggerakan mata. Penggunanya dapat menelepon dan menerima panggilan dan memutar musik di ponsel, engan gerakan mata.
NTT  DoCoMo, perusahaan penge-mbang perangkat ini, dilengkapi elektroda khusus yang ditempelkan pada seperangkat earphones.Elektroda ini berfungsi untuk menangkap gerakan mata. Elektroda earphone bisa membaca perubahan arus listrik yang dinamakan electrooculogram.
Ponsel yang diciptakan NTT DoCoMo dirancang untuk menerjemahkan informasi tersebut dan mengubahnya ke dalam bentuk perintah. Dengan cara kerja seperti itu, penggunabisa menelepon atau menerima panggilan  hanya dengan me-nggerakkan mata mereka ke kiri dan kanan.
“Mata menyimpan potensi arus listrik, yaitu arus positif pada kornea, dan arus negatif pada retina. Perubahan potensi arus listrik ini bergantung pada pergerakan bola mata. Sistem ini bekerja, bahkan meski mata pengguna dalam keadaan tertutup,” kata juru bicara NTT DoCoMo , seperti dikutip dari Telegrap.
Begitu pula halnya dengan memutar musik. File musik yang tersimpan dalam ponsel dapat dimainkan atau diberhentikan menggunakan gerakan bola mata. Dalam presentasinya di ajang Mobile World Congress 2010 di Barcelona, juru bicara NTT DoCoMo mempraktekkan cara kerja perangkat ini.
Saat bola mata bergerak ke kanan, pemutar musik akan memainkan lagu sebelumnya. Ketika bola mata bergerak ke kanan berulang kali, ponsel akan meloncat ke lagu berikutnya. Sementara itu, volume suara dapat dikeraskan atau dikecilkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan bawah.
NTT DoCoMo menyebutkan, sistem tersebut hanyalah sebuah contoh, namun cukup memberikan pandangan mengenai kemungkinan ponsel seperti itu dapat digunakan pada beberapa tahun ke depan.
“Di masa depan mungkin saja gadget hanya tinggal dioperasikan dengan gerakan tubuh, termasuk gerakan bola mata,” ujarnya. 
     sumber : http://xpresiriau.com/category/teknologi/ 



MRAM: Teknologi Terbaru Memori Komputer, 10 Kali Lebih Cepat dari RAM

Kecepatan selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan . Beberapa waktu yang lalu super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerika melakukan perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory .

Sebelumnya Anda pasti pernah mendengar istilah RAM (Ramdom Access Memory) untuk menyebut memory . Memory RAM ini memiliki berbagai jenis mulai dari EDO RAM, DDR1, DDR2 dan beberapa jenis lainnya.
Namun ternyata RAM saja elum cukup untuk memuaskan kebutuhan manusia akan tuntutan kecepatan. Oleh karena itu, Fisikawan dan Insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memory baru.
Memory tersebut diberi nama Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM), memory ini bukan hanya lebih cepat daripada RAM tetapi juga Lebih hemat Energi. Kehadiran MRAM sepertinya akan meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit.
IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan dan insinyur Jerman.
Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.
Jika anda bingung dengan proses di atas, tidak usah dihiraukan juga tidak apa-apa. Atau kalau mau membaca sendiri yang versi inggris disini.
Yang pasti, kecepatan MRAM mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM. KEcepatan ini masih bisa terus dikembangkan dimasa depan.
     sumber: www.shirogadget.com

 

0 komentar:

Posting Komentar